Wednesday, April 11, 2012

Gempa 8.5 SR


VIVAnews – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika menganalisis kekuatan gempa yang berlaku wilayah Sumatera. Data terbaru menunjukkan kekuatan 8.5 skala richter. Sebelumnya diumumkan berkekuatan 8.9 SR.

Pacific Tsunami Warning Center yang berkedudukan di Hawaii mengeluarkan amaran tsunami setelah gempa 8.7 skala Richter menggegarkan laut dekat Simeuleu, Nanggroe Aceh Darussalam.
PTWC meramalkan, jika terjadi tsunami, maka gelombang itu dijangkan tiba pada pukul 16.21 di Simeulue, pukul 16.31 di Banda Aceh, pukul 17.17 di Padang, Sumatera Barat, dan pukul 17.38 di Bengkulu.

Pemantauan VIVAnews ketika ini Sungai Krueng Aceh tampak surut. Situasi demikian belum dapat dipastikan apakah surutnya sungai ini berkait dengan datangnya gelombang tsunami. Salah satu ciri datangnya tsunami memang adanya penyurutan permukaan air laut.

Menurut PTWC, bila terjadi tsunami akibat gempa ini maka boleh menjangkau kawasan persisir sejumlah negara di sekitar Samudera Hindia seperti India, Sri Lanka, Australia, Myanmar, Thailand, Maladewa, Malaysia, dan Madagaskar.


Sumber dari Harian Metro..


Perhatian:

Ombak tsunami dijangka tiba di Georgetown
pada 9:11 PM dan Port Dickson pada 2:10 AM.

... SEKIRANYA TSUNAMI BERLAKU : Jauhkan diri
dari pantai.

No comments: